amp

Posted by : Mr.Froggy Blogger

 

PELALAWAN, ELITNEWS.COM,- Ketua Pengurus Yayasan Amanah Pelalawan (YAP) T Zulmizan F Assagaff, SE MSi  Ak CA menyampaikan informasi Pelantikan Prof Dr Ir H Tengku Dahril, MSc Sebagai Rektor dan Wisuda ke - 3 ITP2I.  "Jika tidak ada halangan, insya Allah besok Kamis 13 Juli 2023 Prof. Dr. Ir. H. Tengku Dahril, M.Sc. akan dilantik sebagai Rektor Institut Teknologi Perkebunan Pelalawan Indonesia (ITP2I) di Gedung Daerah Datuk Laksemana Mangku Diraja, Komplek Perkantoran Pemda Kabupaten Pelalawan, Pangkalankerinci," ungkapnya.



Disampaikannya Pelantikan Rektor ITP2I yang baru ini untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut setelah pejabat lama Dr. Muhammad Syafi'i, SPd MSi mengundurkan diri pada tanggal 2 Mei 2023 karena dilantik sebagai pejabat struktural di Universitas Riau, instansi asalnya. Yayasan Amanah Pelalawan (YAP) kemudian mengangkat Wakil Rektor I Reiza Mutia AR, STP, M.Eng. sebagai Pelaksana Tugas (PLT.) Rektor ITP2I.


"Alhamdulillah, setelah lebih kurang dua bulan dijabat PLT, kami sudah mendapatkan figur pengganti pucuk pimpinan ITP2I yang insya Allah lebih baik pula, yaitu Prof Dr Ir H Tengku Dahril, MSc," bebernya.


Proses penunjukan Prof Tengku Dahril sudah final, karena telah melalui mekanisme internal yang sesuai aturan yayasan dan telah disetujui oleh Bupati Pelalawan H. Zukri yang selain sebagai kepala daerah, juga adalah Ketua Pembina YAP. Dan juga sudah mendapat izin perbantuan tertulis dari Rektor Universitas Riau (Unri), karena Beliau tercatat masih aktif sebagai dosen/ guru besar di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (Faperika) dan juga Program Pasca Sarjana (PPS) Unri.


"Tentu saja kami sangat bersyukur dan memberikan apresiasi yang tinggi karena beliau bersedia didaulat sebagai Rektor ITP2I karena reputasi dan kapasitas diri yang sudah demikian tinggi, masih mau memimpin dan mengabdi di ITP2I, kampus kecil yang masih tertatih-tatih dalam meningkatkan eksistensi diri. Ini benar-benar panggilan jiwa pengabdian kepada kampung halaman yang sangat luar biasa!, " imbuh Zulmizan.


Tengku Dahril adalah seorang akademisi dan ilmuwan senior yang telah mempunyai reputasi tingkat regional, nasional dan bahkan internasional. Beliau adalah Magister (S2) dan Doktor (S3) lulusan Universitas Nagasaki, Jepang. Merupakan Doktor dan Profesor Perikanan yang termuda pada masanya. Selain guru besar senior di Faperika Unri, Beliau juga cukup lama menjadi rektor yang terbilang sukses di Universitas Islam Riau (UIR), kampus swasta terbesar dan tertua di Riau. Di bidang pemerintahan, Beliau juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan dan juga Kepala Dinas Perikanan Pemda Provinsi Riau.


Bagi YAP dan ITP2I Prof. Tengku Dahril juga bukan figur yang asing dan merupakan SDM dari "kalangan dalam", karena sejak awal sudah terlibat mengembangkan YAP dan ITP2I, pernah menjadi Ketua Pengurus YAP dan saat ini termasuk dalam jajaran Pembina YAP bersama H. Zukri (Bupati Pelalawan) dan Dr. Agus Sutikno (Wakil Rektor 2 Unri).


Kiprah Prof Tengku Dahril juga sangat dikenal akrab, karena beliau adalah Penggagas/ Inisiator, Pendiri dan Ketua Panitia Persiapan Pendirian Kabupaten Pelalawan pada tahun 1999.


Setelah Pelantikan Rektor ITP2I  kemudian di tempat sama juga akan dilaksanakan Wisuda Sarjana Angkatan ke-3 ITP2I. Sebanyak 30 Sarjana baru akan dikukuhkan, langsung oleh Rektor ITP2I yang baru dilantik tersebut dan Sidang Terbuka Senat ITP2I. ***

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Tanga lagu dan masih banyak lagi - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -