amp

Posted by : Mr.Froggy Blogger

 

PELALAWAN, ELITNEWS.COM,- Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di daerah Tapak Kuda Dusun Air Putih Desa Pangkalan Gondai Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan - Riau, terpantau Rabu (20/09/2023). 



Tim gabungan Polsek Langgam melakukan Verifikasi karhutla melalui Darboard Lancang Kuning dan melakukan pemadaman ke lokasi kebun masyarakat. Hal ini disampaikan Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto SH SIK melalui Kapolsek Langgam Iptu Alferdo Krisnata Kaban SH, Kamis (21/09/2023).


Dijelaskan Kapolsek, Muncul Hot Spot pada Dasboard Lancang Kuning ada  terpantau berada di daerah Tapak Kuda Dusun Air Putih Desa Pangkalan Gondai Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan.  Titik Koordinat hotspot 1. 0.109750 N, 101.905290 E.


Tim gabungan Polsek Langgam, respon cepat melakukan kegiatan  verifikasi dan pemadaman di Lokasi Karhutla di desa  Pangkalan Gondai Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan.


Tim Verifikasi Polri Berkoordinasi dengan TNI, BPBD dan RPK PT Nusa Prima Manunggal serta Perangkat Desa dan Masyarakat Peduli Api Desa Pangkalan Gondai, berjumlah 45 Personil. Tim gabungan  melakukan upaya Verifikasi dan Pemadaman di Lokasi Karhutla dengan menggunakan mesin air jenis mini striker sebanyak 3 unit dengan di dukung 15 (lima belas) rol selang dan 10(sepuluh) unit sepeda motor Roda Dua. 


Lokasi Hotspot yang berjarak 35 (tiga puluh lima) kilometer dari kota Kecamatan Langgam yang merupakan lahan gambut yang ditumbuhi semak belukar dengan tekstur tanah juga menjadi salah satu penghalang.  Tim gabungan melakukan pemadaman api yang berada di bawah lapisan tanah gambut. Api sulit diketahui keberadaannya. Namun berkat kesigapan tim gabungan api yang telah membakar areal gambut seluas satu hektar berhasil di padamkan.


Dari hasil verifikasi lahan yang terbakar di duga milik NN warga desa Pangkalan Gondai. Saat ini api di Lokasi Karhutla telah padam, hanya menyisakan asap tipis. Kondisi cuaca yang saat sedang turun hujan dengan Intensitas sedang ikut membantu tim dalam Proses Pemadaman.


Kejadian Karhutla tepatnya di daerah Tapak Kuda Dusun Air Putih Desa Pangkalan Gondai Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan dengan Titik Koordinat : 1. 0.109750 N, 101.905290 E. Api telah padam dan hanya meninggalkan asap tipis, hal ini dikarenakan cuaca di lokasi karhutla sedang di guyur hujan dengan intensitas sedang namun demikian tim masih bertahan berada di Lokasi karhutla melakukan Pendinginan. 


Tim polsek masih melakukan penyelidikan penyebab terjadinya karhutla.  Dengan memasang garis polisi dan dalam waktu dekat pemilik lahan NN akan segera di panggil untuk di mintai keterangannya. ****

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Tanga lagu dan masih banyak lagi - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -