Posted by : Mr.Froggy Blogger

 

ROHIL, ELITNEWS.COM - Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kecamatan Simpang Kanan , Kabupaten Rokan Hilir diresmikan dan diserahterimakan, Anggota DPR RI,  Effendi Sianipar MM MSi, untuk dapat segera dimanfaatkan masyarakat. Dalam kegiatan peresmian dan serah terima ini, sekaligus penandatanganan prasasti oleh Politisi PDI Perjuangan tersebut, Rabu  (18/10/2023). 



SPAM tersebut sebelumnya telah dibangun melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang kemudian ditingkatkan fungsinya, untuk memperluas akses sehingga menjangkau masyarakat lebih banyak.   


Serah terima sarana air minum melalui program ini disaksikan secara langsung anggota DPRD Rohil Muha Riza, Tokoh Masyarakat dan Agama Kecamatan Simpang Kanan, dan ratusan masyarakat. 


Anggota DPR RI dari dapil Kabupaten Bengkalis, Siak, Rohul, Rohil, Meranti, Kota Pekanbaru dan Dumai, berharap  pengelola sarana Pamsimas dapat bersinergi dengan pemerintah daerah melalui instansi terkait. 


Effendi Sianipar juga meminta, setelah sarana tersebut diserahterimakan, masyarakat harus bisa menjaga Pamsimas yang sudah dibangun dengan baik. 


"Tujuan dari program tersebut sebagai perluasan akses  terhadap sarana air minum yang berkualitas dan berwawasan lingkungan, serta pemahaman sanitasi perilaku hidup bersih dan sehat dapat terwujud," kata Anggota DPR RI dua periode ini. 


Salah satu Tokoh Masyarakat Kecamatan Simpang Kanan, Sutrisno mengaku senang dan bangga Program Pamsimas ini sudah dibangun. 


"Alhamduillah setelah melihat hasilnya kami senang, program ini terlaksana atas perhatian serius dan bukan hanya sekedar janji. Pak Effendi Sianipar sudah banyak berbuat untuk kami semua," ungkap Sutrisno. 


Tokoh masyarakat lainnya, Ibnu Sabri menambahkan, sangat merespon sangat bagus apa yang sudah dibangun tersebut. Program Pamsimas dari Effendi Sianipar dinilainya, merupakan upaya dan  bentuk program yang bersentuhan dengan kemaslahatan orang banyak, terutama kebutuhan dasar  ketersediaan air minum. 


”Luar biasa program ini. Terimakasih pak Effendi Sianipar. Patut dipertahankan beliau ini," pungkasnya. 


Selain bantuan Pamsimas, Effendi Sianipar juga menyerahkan  Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada masyarakat sekitar. 


Masyarakat mengaku juga terbantu dengan bantuan BSPS ini. Program BSPS adalah bantuan pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumahnya beserta prasarana, sarana dan utilitas umumnya. 


Tokoh Pemuda Kecamatan Simpang Kanan  Andi mengatakan, Program BSPS dilaksanakan dengan metode Padat Karya Tunai (PKT). 


"Kami  berterima kasih pada pemerintah dan Pak Effendi Sianipar yang turut membantu merenovasi rumah tidak layak huni menjadi layak untuk ditempati," ungkapnya.***

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Tanga lagu dan masih banyak lagi - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -